ExxonMobil untuk ekosistem Leuser

Ekosistem Leuser

Sejak tahun 2005, ExxonMobil berkomitmen memberikan dana sebesar USD 750.000 untuk mendukung aktivitas-aktivitas konservasi Leuser International Foundation.

Ekosistem Leuser adalah kehidupan alam liar yang menakjubkan di bagian utara Pulau Sumatera, Indonesia. Area itu merupakan salah satu area hutan lebat tropis yang paling kaya di Asia Tenggara. Luasnya lebih dari 2.5 juta hektar dan merupakan tempat terakhir di dunia dimana gajah, badak, singa, macan tutul dan orangutan ditemukan dalam satu tempat.

Pernyataan resmi pertama tentang maksud untuk melindungi Ekosistem Leuser ditandatangani pada 1934. Leuser Internasional Foundation (lembaga nirlaba dan non pemerintah) dibentuk pada akhir 1990 saat ekosistem tersebut berada dalam ancaman serius penebangan liar dan perburuan hewan liar. LIF memiliki konsesi konservasi terhadap ekosistem dan selama 30 tahun menunjukkan tanggung jawab manajerialnya bagi aktifitas-aktifitas yang dilakukan di Ekosistem Leuser.

Secara geografis, Ekosistem Leuser terletak antara 3 – 4.5° Lintang Utara dan 96.5 – 98° Bujur Timur. Area tersebut mencakup sekitar 2.5 juta hektar hutan lebat tropis, meliputi 890,000 hektar yang dijadikan taman nasional, begitu pula area luas bagi hutan lindung dan hutan produksi di selatan Sumatera. Ekosistem tersebut terdiri dari dua gunung utama, tiga danau dan sembilan sistem sungai utama yang mengalir ke pantai timur dan barat pulau.

Ekosistem memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah. Ekosistem itu meliputi sekurangnya 125 spesies mamalia, termasuk gajah Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera dan orang utan Sumatera. Sekitar 8.500 spesies tanaman yang berbeda tumbuh di pantai, rawa-rawa, dataran rendah, gunung dan ekosistem tanaman pegunungan dari Ekosistem Leuser. Dari 10.000 spesies tanaman yang tercatat dalam Wilayah Indo-Malayan, 45% ditemukan dalam Ekosistem Leuser. Tanaman-tanaman menakjubkan seperti Rafflesia (bunga terbesar di dunia) dan Amorphophallus (bunga tertinggi di dunia) adalah beberapa tanaman yang dilindungi di sana.

ExxonMobil bangga menjadi bagian pendukung masa depan kehidupan liar yang luar biasa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s