Hubungan Antara Ilmu Perilaku Dengan Kesehatan

Ilmu perilaku adalah  cabang dari ilmu-ilmu sosial yang sasaran/objeknya adalah perilaku manusia. Jika ilmu sosial mencakup bidang-bidang dari ilmu politik, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi dan psikologi,maka ilmu perilaku hanyalah terdiri dari 3 cabang ilmu, yaitu psikologi, antropologi dan sosiologi, mengingat bahwa perilaku manusia sangatlah dipengaruhi oleh aspek-aspek kejiwaan, kemasyarakatan dan kebudayaan.

Psikologi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang aspek-aspek kejiwaan dan kepribadian individu dan kelompok. Bidang cakupannya ialah proses mental/emosional dan karateristik perilaku individu maupun kelompok. Antropologi mempelajari perkembangan evolusi manusia yang mencakup unsur fisik, sosial dan budayanya. Sesuai dengan bidang orientasinya, antropologi dapat dibedakan dalam antropologi fisik, antropologi sosial dan antropologi budaya, Sedangkan antropologi medis mengkhususkan diri  pada studi tentang pengaruh unsur budaya tentang penghayatan masyarakat tentang penyakit atau kesehatan. Sosiologi mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu  dengan kelompok (mulai dari keluarga sampai dengan kelompok masyarakat yang kompleks), struktur sosial, serta meneropong proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.

Dikatakan oleh Parsudi Suparlan bahwa sosiologi merupakan “ilmu pengetahuan yang secara sistematik mempelajari kelakuan sosial manusia yaitu yang berkenan dengan pola-pola dan proses-proses interaksi diantara individu dan kelompok, bentuk-bentuk kelompok sosial, hubungan-hubungan di antara berbagai kelompok sosial, dan pengaruh kelompok sosial terhadap kelakuan individu, karena sosiologi lebih menekankan perhatiannya pada studi kelakuan sosial, maka teknik yang telah dikembangkan dalam penelitiannya adalah juga yang bersifat kuantitatif. Dengan demikian data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan pengolahan data guna untuk memperoleh penjelasan dan pemahaman pola-pola yang berlaku juga dilakukan secara statistik.” Contoh penggunaan teknik kuantitatif dalam sosiologi ialah pengumpulan data melalui survey dengan menggunakan kuesioner dan pengukuran sikap dengan memakai skala sikap. Metode kualitatif yang kerap dipakai dalam sosiologi ialah wawancara, observasi, focus group discussion dan sosiometri. Terdapat banyak literatur yang memberikan uraian tentang metode penelitian sosial.

Sosiologi dan antropologi  sering kali sukar dibedakan karenasaraa keduanya mempunyai  sasaran studi yang saling berkaitan yaitu masyarakat dan kebudayaan.,  teori dan metode dan teknik-teknik penelitiaannya saling pinjam- meminjam hanya saja penekanan penkajiannya yang berbeda. Disamping aspek kajian yang menekankan unsur masyarakat, sosiologi juga lebih banyak menggunakan metode kuantitatif dibanfdingkan dengan antropologi. Dapat diambil sebagai contoh penelitian tentang peran serta masyarakat dalam program kesehatan. Studi sosiologis meninjau berapa banyak penduduk yang turut serta dalam program kesehatan, karateristik kelompok masyarakat yang turut serta dan yang tidak turut serta dan unsur-unsur dalam masyarakat yang mempengaruhi peran serta tersebut (misalnya struktur sosial, kepemimpinan, solidaritas kelompok, dsb). Studi antropologi menekankan pada  unsur-unsur budaya yang mempengaruhi peran serta ini (misalnya tabu, kepercayaan tertentu sehubungan dangan sakit dan penyakit, sikap hormat terhadap orang yang dituakan), pandangan dan penghayatan individu terhadap penyakit dan proses penyembuhannya.

Sosiologi telah mencapai perkembangan sedemikian rupa sehingga menurut Harsja Bachtiar dapat diuraikan dalam berbagai bidang keahlian khusus (sub-disiplin), antara lain :

1. Sosiobiologi

2. Sosiologi kesehatan dan sakit (sosiologi kedokteran, sosiologi klinik, sosiologi keperawatan)

3. Demografi/ilmu kependudukan

4. Sosiologi keluarga dan kekerabatan

5. Sosiologi anak

6. Sosiologi remaja

7. Sosiologi orang tua

8. Sosiologi komuniti dan wilayah (sosiologi pedesaan, sosiologi perkotaan, dan masih banyak sub-disiplin sosiologi lainnya.

Pengetahuan sosiologi ini dapat diterapkan untuk membuat analisa sosial, perencanaan sosial, peramalan, dan penyusunan kebijakan sosial serta pembaharuan sosial.

ARTIKEL LAIN YANG TERKAIT:

  • Konsep-konsep Pokok Sosiologi Kesehatan IKonsep yang paling mendasar dalam ilmu-ilmu sosial dan ilmu perilaku ialah masyarakat. Masyarakat ialah sekelompok orang yang memiliki identitas sendiri dan mendiami wilayah atau daerah tertentu, sert…
  • History Taking of Physioterapya.General demografi • Umur • Jenis kelamin • Suku • Pendidikan b.latar belakang social a. budaya dan kepercayaan b. Keluarga dan pelayanan kesehatan c. Interaksi social, kegiatan social, masyarakat, …
  • Teknik Kebebasan EmosionalBentuk alternatif penyembuhan, teknik kebebasan emosional (EFT) telah mengejutkan banyak. Fakta bahwa EFT dapat digunakan untuk hampir semua penyakit fisik dan emosional dikenal dan oleh salah satu – …
  • Peran Manusia Dalam HAMTiap manusia mempunyai sifat, watak dan kehendak sendiri-sendiri. Namun di dalam masyarakat manusia mengadakan hubungan satu sama lain, mengadakan kerja sama, tolong menolong, bantu membantu untuk mem…
  • Pengobatan Herbal SambilotoSambiloto nama ilmiahnya adalah andrograpis paniculata. Termasuk kedalam family tumbuhan Acantaceae. Nama daerahnya papaitan. Tumbuhan ini memiliki berbagai sifat yang bermanfaat bagi manusia. Diantar…

Posted in Sosiologi Kesehatan :: Kata Kunci: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , kaitan demografi dengan kesehatan masyarakat, hubungan demografi dengan kesehatan masyarakat, pengaruh perilaku terhadap kesehatan, jurnal psikologi politik, hubungan perilaku dengan kesehatan, hubungan sosiologi dengan ilmu kesehatan, hubungan ilmu sosiologi dan ilmu keperawatan, demografi dan kesehatan masyarakat, antropologi fisik, hubungan ilmu biologi dengan kesehatan masyarakat, sejarah perkembangan antropologi dan sosiologi kesehatan, perilaku yang berhubungan dengan kesehatan, hubungan sosiologi antropologi dengan kesehatan masyarakat, cabang-cabang sosiologi, makalah pendidikan dalam keperawatan, makalah fisioterapi berkaitan dengan psikologi, contoh cabang filsafat antropologi, hubungan psikologi keperawatan dengan kecerdasan emosional, makalah mengenai peran penting sosiologi dalam dunia keperawatan, demografi kaitannya dengan kesehatan, ilmu psikolog dalam ilmu kesehatan, hubungan kesehatan dengan masyarakat, makalah hubungan ilmu sosiologi dalam keperawatan, manfaat sosiologi dalam dunia keperawatan, pengaruh jamu cekok pada anak dalam segi keperawatan, hubungan manusia dan demografi, contoh ruang lingkup sosiologi antropologi dan fisiologi lingkungan, Sejarah sosiologi Kesehatan, sosiologi dalam asuhan keperawatan, kumpulan judul makalah antropologi kesehatan, hubungan demografi dengan antropologi, pengaruh antropologi*keperawatan, hubungan ilmu biologis dengan epidemiologi, hubungan ilmu biologi dengan ilmu kesehatan masyarakat, makalah tentang hubungan antara individu dan kelompok, PERANAN MEMAHAMI ANTROPOLOGI KESEHATAN DALAM PERUBAHAN PERILAKU DI BIDANG KESEHATAN, hubungan antropologi dengan perilaku konsumtif, makalah psikologi yang berhubungan dengan fisioterapi, peran ilmu sosiologi dalam keperawatan, peran ilmu sosiologi dalam ilmu keperawatan, hubungan antopologi dan perubahan perilaku kesehatan, makalah perubahan ekonomi dalam perilaku kesehatan, hubungan antropologi dengan sistem saraf, blog hubunga sosiologi dengan ilmu kesehatan, metode pengumpulan data antropologi, hubungan sosiologi dengan ilmu keperawatan, metode pengumpulan data antropologi dan sosiologi, hubungan antropologi sosiologi dengan kesehatan, hubungan ilmu biologi dengan kesmas, makalah sosiologi kelompok masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s